Kadisparbud Babar Dukung Kantor KPU Dikembalikan ke Fungsi Awalnya sebagai Gedung Kesenian

Muntok – Rencana KPU Bangka Barat untuk pindah kantor dari gedung lama di Jalan Jenderal Sudirman ke lingkungan Perkantoran Terpadu Pemkab Bangka Barat mengundang reaksi positif dari kalangan seniman Muntok. Pasalnya, gedung yang ditempati KPU sekarang, dulunya merupakan satu – satunya gedung kesenian yang ada di Muntok.

Reaksi tersebut terungkap dari para pelaku seni Muntok melalui facebook, hingga muncul wacana untuk mengembalikan Gedung Bina Jaya, kantor KPU saat ini kembali ke fungsi aslinya sebagai gedung kesenian.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Suwito, menyatakan dukungannya. Suwito mengajak untuk bersama – sama merapikan semuanya, walaupun masih harus dipikirkan mengenai anggarannya dan harus dikaji dulu oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya ( BPCB ) Jambi.

” Minimal akan kita usahakan peran sertanya kemana, siapa yang akan berperan disitu, karena itu yang harus diteliti dulu dikaji dulu oleh BPCB Jambi, bentuknya yang model mana. Kalau kita memang harus memfungsikan itu dalam bentuk yang dulu, namanya kamar bola, nah itu bentuknya yang bagaimana itu yang harus diperbaiki dan itu suatu wacana yang bagus,” ungkap Suwito kepada wartawan di halaman Gedung Mahligai Betason, DPRD Bangka Barat, Selasa ( 3/9/2019 ) sore.

Suwito menambahkan, wacana tersebut harus didukung mengingat wisata yang ditonjolkan di kota Muntok adalah wisata sejarah dan budaya, termasuk Gedung Bina Jaya tempat KPU Bangka Barat berkantor sekarang ini merupakan bagian dari sejarah tersebut.

” Harus kita dukung karena kalau Muntok dan Bangka Barat ini wisatanya wisata sejarah dan budaya, kita mulai dari Muntok baru kita menyebar ke yang lain,” tandasnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: