Government 4.0 Week Secara Virtual, Sorot Rentannya Keamanan Siber di Daerah

Muntok — Badan Siber dan Sandi Negara ( BSSN ) bersama Dewan TIK Nasional dan Asosiasi Club Computing Indonesia menyelenggarakan Government 4.0 Week secara virtual.

Plt.Kepala Dinas Kominfo Bangka Barat Fachrianysah mengatakan, beberapa staf-nya mengikuti kegiatan tersebut yang dimulai hari ini, Senin ( 16/11/2020 ) pagi.

Menurut Fachri, Government 4.0 Week
itu akan berlangsung selama lima hari. Tujuannya antara lain, modernisasi di sektor pemerintah dan mendorong implementasi agenda nasional. Hal lain yang menjadi agenda dalam kegiatan tersebut adalah rentannya keamanan siber di daerah.

” Nah, salah satu penyebabnya antara lain dikarenakan minimnya SDM yang mengelola keamanan siber, jadi tadi dikupas bagaimana trik-trik nya menjaga keamanan siber,” jelas Fachriansyah, Senin ( 16/11 ).

Dikatakannya, kota cerdas atau smart city sebagai pendukung untuk mewujudkan Government 4.0 dan
keamanan siber sebagai pondasi layanan pemerintah, analisis data pengambilan keputusan dan big data juga ikut dibahas.

” Penerapannya dari mulai saat ini pemerintah mulai bergerak, dan kita tahu bahwa perkembangan teknologi selalu berkembang pesat. Jadi pemerintah memang harus mengantisipasi setiap saat, jadi dari sekarang kita mulai bergerak ke arah yang lebih baik,” kata Fachri.

Untuk menjaga keamanan siber kata Fachri, ada beberapa trik yang dibahas dalam kegiatan BSSN tersebut.

Hal tersebut diantaranya, Cloud Computting Infrastruktur Digital Pemerintah, Big Data dan Cloud Computing untuk Layanan Digital Pemerintah, migrasi infrastruktur dan aplikasi ke cloud computing.

” Dan nanti hari terakhir akan dibahas tentang controlling pandemi efek IOT oleh narasumber,” imbuhnya.

Fachri menambahkan, penyebaran berita hoax juga ikut menjadi perhatian. Pihaknya akan memantau hal itu melalui website portalbangkabarat dan medsos – medsos yang dikelola oleh Dinas Kominfo Bangka Barat.

” Kami akan menetralkan info – info melalui website kami portalbangkabarat dan medsos – medsos yang dikelola oleh Dinas Kominfo. Insya Allah kalau informasi yang terkait dalam hal yang benar akan kami sampaikan,” tutup dia. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: