Dinkes Babar Lakukan Promosi Kesehatan Untuk Pemudik Di Tanjung Kalian

Duta Radio – Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat melaksanakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan kepada pemudik dengan  pemutaran film dan konsultasi di Pelabuhan Tanjung Kalian, Rabu (21/06/17 ) yang lalu
Hadir sebagai pemateri kepala Puskesmas Muntok H. Arsul sani, SKM dan juga Harianto, SKM.
“ Kegiatan dilaksanakan dimulai setelah maghrib sampai dengan jam 22.00 wib, dan telah dimulai malam ini 21 juni 2017,”  ujar Harianto, SKM Rabu(21/06/17 ) selaku Koordinator Posko Kesehatan di sela sela kegiatan tersebut.
Menurut Harianto kegiatan tersebut bertujuan sebagai salah satu  wujud kepedulian Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat terhadap pemudik yang akan melakukan penyeberangan dari pulau Bangka menuju Palembang di Pelabuhan Tanjung Kalian.
“ Pelaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan dan pemutaran film tentang kesehatan disertai konsultasi  ini adalah wujud kepedulian kita bagi para pemudik yang akan menyeberang ke Palembang,” ujar dia.
Sementara ditempat terpisah Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Kasnetty. S. Sos mengatakan kegiatan ini merupakan suatu inovasi dari bidang P2P dan seksi promosi kesehatan dan kesehatan lingkungan bidang kesehatan masyarakat sebagai bentuk promosi kesehatan bagi pemudik agar menjadi mau, tahu dan mampu untuk berperilau hidup sehat selama perjalanan mudik.
Kasnetty juga mengungkapkan, Dinas Kesehatan bukan hanya melakukan penyuluhan,tapi juga bersiaga memberikan pertolongan pertama kepada para pemudik jika terjadi hal – hal yang tidak terduga berkaitan dengan masalah kesehatan.
“ Selain penyuluhan dan pemutaran film, di posko kesehatan juga siap siaga untuk memberikan pertolongan pertama bagi pemudik yang bermasalah dengan kesehatan serta terdapat media promosi berupa  tips untuk mudik nyaman, aman dan sehat serta info kesehatan lainnya, ” imbuh Kasnetty.
“ Selain itu pemudik juga dapat menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS ) dengan cara,  tetap konsumsi buah dan sayur selama perjalanan,beraktifitas fisik dan olahraga  ringan sambil beristirahat apabila sudah 2 atau 3 jam duduk dikendaraan, segera periksa kesehatan apabila sudah merasakan gejala di posko kesehatan terdekat,” tambahnya. ( SK )

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: