Bong Ming Ming: Sejauh Ini Banjir Kampung Tanjung Bisa Diatasi

Muntok — Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming bersama Kapolres, AKBP Agus Siswanto turun langsung ke Kampung Tanjung Laut, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok yang dilanda banjir rob, Rabu ( 8/12 ).

Bong Ming Ming mengatakan, sejauh ini banjir tersebut masih bisa diatasi. Air yang merendam rumah warga pun sudah mulai surut. Selain itu, tidak ada orang yang perlu diungsikan. Wabup mengatakan, bila memang dibutuhkan, ia siap membuka rumah dinasnya menampung para pengungsi.

” Sementara masih bisa diatasi, tapi kalau memang perlu diungsikan kita ungsikan termasuk kalau perlu ngungsi ke rumah dinas silahkan ke rumah dinas,” ucap Bong Ming Ming kepada portaldutaradio.com di Mako Sat Polair Polres Bangka Barat, Rabu siang.

Dia mengatakan, langkah cepat segera diambil untuk mengatasi banjir yang disebabkan gelombang tinggi dan hujan lebat ini, diantaranya membuat pintu air dan menyiapkan mesin pompa.

” Untuk itu kita hari ini akan membuat pintu air, tujuannya untuk kalau gelombang pasang tinggi kita tahan agar tidak masuk dan kita siapkan beberapa mesin untuk memompa air yang dari darat ke laut, agar tatkala curah hujan tinggi air yang di dalam cepat keluar,” jelasnya.

Selain itu, Tim Gabungan yang terdiri dari BPBD, Polres, Kodim serta dinas terkait lainnya menyiapkan dapur umum selama beberapa hari untuk membantu warga yang terdampak banjir.

” Dapur umum juga untuk langkah – langkah taktisnya, tadi Pak Kapolres Pak Dandim dan kawan – kawan relawan semuanya sudah membagikan makanan jadi dan Insya Allah dapur umum standby dalam beberapa hari disini tatkala ada bencana bisa segera turun,” kata Bong Ming Ming.

Wabup menambahkan, penanganan jangka panjang juga sudah direncanakan untuk kawasan Tanjung Laut yang kerap dilanda banjir akibat masuknya air laut ke pemukiman. Pihaknya pun sudah berdiskusi dengan warga setempat untuk merapikan kawasan tersebut.

” Ini mimpi besarnya, rencananya kita evakuasi kita buat perumahan, kita rapikan bisa jadi kawasan pariwisata dan sebagainya. Tapi warga kita buat sebuah kawasan perumahan yang lebih nyaman bebas dari dari banjir dan masyarakat pun bisa beraktivitas disini kita siapkan untuk UMKM dan sebagainya sehingga mereka bisa jualan dan sebagainya,” cetus Bong Ming Ming.

Dapur umum untuk membantu warga didirikan di halaman Mako Sat Polair Polres Bangka Barat di Kelurahan Tanjung yang sebelumnya ikut tergenang air. Bahkan hingga siang, sejumlah personel Polres masih sibuk menguras air yang masuk ke kantor.

” Kita ikut terkena juga. Selain menolong orang, kita juga butuh pertolongan. Tapi tidak ada barang – barang di kantor yang rusak,” ujar Kasat Polair Polres Bangka Barat, AKP Candra Wijaya.

Sementara itu, Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto mengatakan, personel yang terlibat dalam penanganan banjir kali ini berjumlah kurang lebih ratusan orang, terdiri dari anggota Polres, Kodim 0431/BB, TNI AL, BPBD serta instansi terkait lainnya.

” Tim gabungan lah, sekitar ratusan orang. Dan untuk dapur umum ini akan kita dirikan sampai selesai, selama masih dibutuhkan kita akan tetap disini,” ujar Agus. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *