Berkah Hari Kemerdekaan, 4 Orang Napi Rutan Muntok Langsung Bebas

Muntok — Momen peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI selalu menjadi berkah tersendiri bagi orang – orang yang terjerat perkara hukum dan sedang mendekam dibalik jeruji besi.

Tidak terkecuali di Rutan Negara Kelas IIB Muntok. Sebanyak 93 orang warga binaannya juga merasakan berkah HUT RI ke – 76 berupa remisi umum.

Kepala Rutan Abdul Rasyid Meiliala usai acara penyerahan remisi umum di Rutan Kelas IIB, Muntok mengatakan, dari 93 warga binaan tersebut, 4 orang langsung bebas. Keempat orang tersebut semuanya berasal dari Bangka Barat.

” Yang lain ada juga yang mendapatkan remisi 1 bulan sebanyak 41 orang, 2 bulan sebanyak 21 orang, 3 bulan sebanyak 23 orang, 4 bulan sebanyak 8 orang. Mereka ini dari kriminal dan narkoba, yang paling banyak saat ini kriminal umum,” jelas Abdul Rasyid di ruang kerjanya, Selasa ( 17/8 ).

Menurut dia, 4 warga binaan yang langsung bebas semuanya tersandung kasus pencurian. Mereka sudah menjalani masa hukuman antara 1 sampai 3 tahun.

Rasyid menambahkan, untuk warga binaan yang ingin mendapatkan remisi, mereka harus berkelakuan baik selama 6 bulan. Bagi yang tidak berkelakuan baik, maka mereka tidak akan bisa masuk kategori calon penerima remisi.

” Kalau yang langsung bebas dia memang langsung dari pusat yang memang kita update dari database kita. Semuanya merupakan usulan dari kita,” ujarnya.

Dikatakan Rasyid, Rutan Muntok saat ini dihuni oleh 136 orang napi. Ada pula 5 orang napi wanita, terdiri dari 2 orang kasus narkoba dan 3 orang tersangkut perkara kriminal biasa. Bahkan terdapat 1 orang napi kasus narkoba yang sedang menjalani hukuman 20 tahun penjara.

” Harapan kita untuk yang mendapat remisi agar yang telah bebas atau pun yang menerima agar tidak melakukan tindak kriminal yang baru lagi dan dapat menjalani kehidupan yang baru diluar lapas dan dapat berkomitmen serta berinteraksi dengan masyarakat,” harap Abdul Rasyid. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *