Adrian Agustiansyah: Banyak Pejabat yang Belum Tahu Ombudsman

Muntok — Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung, M. Adrian Agustiansyah mengatakan, masih banyak pejabat negara yang belum tahu dan paham tentang Ombudsman. Bahkan ada diantara mereka yang merasa aneh mendengar nama lembaga negara tersebut.

” Bahkan ada yang dengan nada guyon juga kalau kita ngomong dari Ombudsman, om-nya ada tapi tantenya nggak ada katanya, tapi mungkin benar juga karena memang rata-rata yang jadi kepala perwakilan Ombudsman itu pria semuanya,” ujar Adrian saat pembukaan kegiatan Kerja sama Diseminasi Ombudsman Dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, di Gedung Graha Aparatur, Selasa ( 22/9/2020 ).

Dalam kegiatan yang dihadiri Pj. Sekda Bangka Barat, Hartono, para kepala desa, lurah dan camat se – Bangka Barat ini, Adrian memaparkan secara singkat mengenai Ombudsman.

Dikatakannya, sesuai dengan Undang – Undang, Ombudsman adalah lembaga negara yang tugasnya melakukan pengawasan di bidang pelayanan publik yang diselenggarakan oleh lembaga negara, pemerintah pusat maupun daerah, termasuk Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ), BUMD, badan hukum milik negara, pribadi atau badan hukum swasta yang diberikan amanat khusus dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang memakai dana APBN atau APBD, baik sebagian ataupun seluruhnya.

” Kalau kita lihat dari fungsi Ombudsman tadi akan terbayang bahwa betapa luasnya cakupan pengawasan Ombudsman dalam bidang layanan publik termasuk misalnya di sana bank bank negara dan Pertamina,” bebernya.

Karena itu dia berharap, kegiatan Kerja sama DiseminasiPengawasan dengan tema ” Tata Tertib Administrasi Pemerintahan ” seperti yang digelar di Pemkab Bangka Barat hari ini harus terus dilakukan.

” Kenapa? karena ini juga untuk dapat memperdalam pemahaman bapak-bapak selaku pelayanan publik agar dapat mengerti agar dapat juga mengetahui bagaimana tupoksi bapak-bapak selaku pelayan publik yang baik,” tandasnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: