UKM Mulai Menggeliat, DKUP Babar Gelar Pelatihan Pengolahan Buah Kelapa

Muntok — Usaha Kecil Menengah ( UKM ) yang sempat terpuruk saat pandemi COVID -19 kembali menggeliat. Jelang penerapan New Normal, para pelaku usaha tersebut mulai bangkit setelah terkena dampak ekonomi virus Corona selama beberapa bulan.

Untuk itu Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian ( DKUP ) Bangka Barat melaksanakan kegiatan Pelatihan Keterampilan Usaha Produktif angkatan 1 di Gedung Pertemuan KWP Muntok, Jum’at ( 24/7/2010 ).

Materi pelatihan yaitu pengelolaan buah kelapa.Kegiatan ini diikuti 35 pelaku usaha yang berasal dari enam Kecamatan se – Kabupaten Bangka Barat.

Kepala Bidang Koperasi dan UKM Bangka Barat, A’ad Tirta Fujaka, S.Sos.I. mengatakan, pelatihan tersebut diperuntukan bagi pelaku usaha yang produktif ingin mengembangkan usaha baru.

” Para peserta diberikan pelatihan selama empat hari, bagaimana mengelola buah kelapa menjadi produk jadi yang dapat dijual, seperti nata decoco, serundeng, bisa jadi sirup air kelapa, minyak kelapa, semuanya diajarkan langsung oleh tenaga ahli dari Jakarta, dari Perusahaan D&D,” ungkap A’ad.

Tujuannya jelas pria yang akrab disapa Jaka ini, diharapkan para peserta nantinya bisa merintis usaha lain serta mengembangkannya di kemudian hari.

” Bentuk pelatihan diberikan secara praktek disertai apresiasi peserta dihari pertama terlihat begitu antusias, kita berharap peserta dapat mengikuti pelatihan ini secara aktif, serius sampai dengan selesai. Mudah – mudahan dalam pelatihan ini bisa menambah ilmu bagi UKM dan dapat mengembangkan usaha, yang akan meningkatkan pendapatan UKM nantinya, serta dapat bersaing, baik di dalam daerah dan luar daerah.” tutup Jaka. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: