Tugu Duren Muntok yang Roboh akan Dibangun Kembali

Muntok — Pemerintah Kabupaten Bangka Barat berencana membangun kembali Tugu Duren di Jalan Jenderal Sudirman yang sudah roboh. Bahkan desain salah satu ikon kota Muntok itu diposting Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming di akun facebooknya.

Menurut Bong Ming Ming, tujuan ia memposting desain tersebut untuk meminta saran dan masukan dari masyarakat. Atas perintah Bupati, H. Sukirman, Tugu Duren yang sudah roboh harus diperbaiki. Karena itu dibuat desain awalnya. Namun karena komputer rusak, desain tersebut gagal.

” Dan akhirnya dibuat desain berikutnya. Maka saya coba untuk meminta masukan dari masyarakat melalui FB dan Instagram. Insya Allah dari desain yang sudah kita buat duriannya minta dibesarin karena memang Tugu Duren, maka icon durennya yang dibesarin,” ujar Bong Ming Ming diruang kerjanya, Kamis ( 23/9 ).

Dikatakan Bong Ming Ming, dirinya menginginkan Tugu Duren baru ini benar – benar menjadi sesuatu yang mempunyai nilai seni, bukan hanya sekedar tugu duren biasa serta bisa menjadi kebanggaan masyarakat Muntok.

Mengenai masukan dari masyarakat terkait pilar – pilar yang dianggap menghalangi pandangan ke tugu, menurut Bong Ming Ming memang pada desain awal, pilar – pilar tersebut tidak ada. Tapi dengan pertimbangan estetika, pilar itu kemudian dimunculkan.

” Tetapi nanti memang ada kajiannya itu agak menghalangi Tugu Duren itu sendiri, tinggal kasih masukan. Makanya di FB itu saya sampaikan,” katanya.

Dia menambahkan, Tugu Duren kali ini akan dibuat unik agar berbeda dengan tugu durian lain yang ada di beberapa daerah. Salah satunya, dibagian bawahnya terdapat logo PT. Timah.

” Banyak di beberapa kota ada Tugu Duren, makanya kita bikin unik di bawahnya ada PT. Timah bukan berarti punya PT. Timah, tetapi melambangkan mereka yang membangun dan merupakan salah satu ikon Bangka Barat juga sebagaimana Muntok Kota Timah,” ujarnya.

” Ada juga yang menyarankan pakai sayak, namun pakai sayak durennya tidak terlalu kelihatan. Jadi tetap seperti itu duren melambangkan satu persatuan bahwa memang ke depan duren ini kan se – Bangka Belitung itu, Insya Allah ada yang terbaik di tempat kita, levelnya level nasional,” sambung Bong Ming Ming. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: