Tiga Kapal Trawl Mini Diamankan Di Perairan Kundi

Duta Radio – Tiga kapal trawl yang beroperasi di perairan Kundi Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat ┬ádiamankan Tim Gabungan Direktorat Pol Air Polda Bangka Belitung dan Sat Pol Air Polres Bangka Barat, Sabtu ( 18/11/2017 ).

Kapal – kapal tersebut adalah KM Sandika dengan nakhoda Sandika alias Ikuk, KM Z dengan nakhoda Sudirman alias alias Nang dan KM tanpa nama yang dinakhodai Agus. Anak Buah Kapal ( ABK ) yang juga turut diamankan yakni, Hengky alias Etik, Budi dan Roiman alias Iman. Mereka selanjutnya dibawa ke Kantor Desa Bukit Terak Kecamatan Simpang Teritip.

Menurut Kasat Pol Air Polres Bangka Barat, Iptu Bambang Bekti, tiga kapal trawl masuk kategori kapal trawl mini. Dia menambahkan, kapal – kapal tersebut berasal dari Sugian Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

” Tadi malam Tim Gabungan dari Direktorat Pol Air Polda Babel sempat mengamankan tiga kapal trawl mini dari Sugian yang beroperasi di wilayah tangkapan nelayan Kundi Bangka Barat,” kata Bambang mewakili Kapolres Bangka Barat AKBP Hendro Kusmayadi, S.Ik, Minggu ( 19/11/2017 ).

Ketiga kapal yang diamankan tersebut, dikatakan Bambang, sekilas terlihat layaknya seperti kapal – kapal nelayan lainnya. Yang membedakan dengan kapal nelayan, jaring yang digunakan untuk menangkap ikan adalah jaring arad.

Jaring arad merupakan salah satu jaring tangkap yang termasuk klasifikasi jaring trawl, namun karena ukuran jaring yang diamankan bersama kapal – kapal tersebut kecil, makan jaring – jaring tersebut di sebut mini trawl.

” Sekilas sama dengan kapal nelayan lainnya. Tapi kapal trawl mereka ini menggunakan alat tangkap jaring arad yang punya sayap atau kaki sepanjang kurang lebih 30 meter,” jelas Bambang.

Bambang melanjutkan, terkuaknya keberadaan kapal trawl mini yang beroperasi di perairan Kundi itu berawal dari keluhan masyarakat, khususnya nelayan Desa Kundi.

Mereka menyampaikan keluhan tersebut ke Kepolisian setempat. Atas dasar itulah, Tim Gabungan Direktorat Pol Air Polda Babel dan Polres Bangka Barat bergerak melakukan pengamanan.

” Awalnya kami menerima laporan dari masyarakat yang resah dengan keberadaan kapal – kapal trawl ini. Dari informasi itu, Tim Gabungan pun turun, hingga tadi malam berhasil mengamankan tiga kapal trawl mini,” imbuh Bambang Bekti. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: