Target Runner Up Kontingen Babar di POPDA Meleset

HEADLINE, OLAHRRAGA239 Dilihat

Muntok — Pekan Olahraga Pelajar Daerah ( POPDA ) ke – XI telah usai dihelat. Kontingen Bangka Barat harus puas berada di peringkat empat dengan mengantongi 5 medali emas, 3 perak dan 9 perunggu.

Hasil yang diraih para atlet Bumi Sejiran Setason ini meleset dari target runner up atau juara umum kedua yang sebelumnya diharapkan Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, Rukiman.

Pada perhelatan olahraga pelajar tingkat provinsi yang digelar di Pangkalpinang tanggal 18 hingga 23 Juli 2022 tersebut, hanya pencaksilat dan sepak takraw yang berhasil mendulang emas, sedangkan sepakbola yang diharapkan dapat meraih emas gagal memperoleh medali.

” POPDA kita peringkat empat. Cabor yang dapat medali emas pencaksilat 3 emas dan sepak takraw 2 emas, semuanya 5 medali emas,” kata Rukiman di Kantor Bupati Bangka Barat, Jum’at ( 5/8/2022 ) siang.

Padahal menurut Rukiman, atlet pencaksilat Bangka Barat berhasil lolos ke babak final di tujuh nomor pertandingan, namun sayangnya hanya 3 yang membuahkan emas.

” Mungkin karena kurang beruntung saja, dalam pertandingan itu ada juga faktor keberuntungan,” ujarnya.

Sedangkan sepak takraw berhasil menorehkan prestasi membanggakan, sebab dari dua nomor di babak final, Bangka Barat membabat habis 2 emas yang ada. Bahkan kata Rukiman predikat terbaik pun juga diborong atlet Bangka Barat.

Selanjutnya Disdikpora akan melakukan pembinaan bagi para atlet peraih emas Bangka Barat untuk melangkah ke ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional ( POPNAS ).

Namun karena para atlet tersebut mewakili Provinsi Bangka Belitung, maka pematangan dan lain – lain akan dilakukan provinsi.

” Ke depan tetap kami bina yang untuk ke POPNAS itu tapi nanti lebih mematangkan adalah pihak provinsi. Itu kewajiban untuk menyiapkan secara matang, kemudian juga membiayai dan lain – lain. Mereka akan ke POPNAS mewakili Provinsi Bangka Belitung diperkirakan akan dilaksanakan tahun 2023,” tutup Rukiman.

Berikut klasemen akhir perolehan medali POPDA Bangka Belitung tahun 2022 :

1. Pangkalpinang, 10 emas, 11 perak, 10 perunggu.
2. Bangka, 7 emas, 8 perak, 9 perunggu.
3. Bangka Selatan, 6 emas, 6 perak, 9 perunggu.
4. Bangka Barat, 5 emas, 3 perak, 9 perunggu.
5. Bangka Tengah, 5 emas, 1 perak, 11 perunggu.
6. Belitung Timur, 3 emas, 5 perak, 7 perunggu.
7. Belitung, 1 emas, 3 perak, 3 perunggu. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *