Peringatan Maulid di Rumdin, Bupati Ingatkan Pentingnya Jaga Persatuan

Muntok — Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriyah di Rumah Dinas Bupati Bangka Barat, Jalan Jenderal Sudirman, Muntok, Senin ( 13/10/2022 ) pagi.

Acara bertajuk ” Jadikan Spirit Maulid Nabi Muhammad Sebagai Perekat Bagi Semua Ummat ” ini dihadiri unsur Forkopimda, para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat serta sejumlah tamu undangan. Sedangkan tausiyah disampaikan oleh Ustadz Al Habib Muhammad Bagir Bin Yahya Al – Kaff.

Bupati Bangka Barat H. Sukirman dalam sambutannya mengatakan, kehadiran Nabi Muhammad SAW ke muka bumi merupakan rahmat bagi semesta alam. Karena itu kelahiran dan kepergiannya penting untuk diperingati, salah satunya Maulid yang digelar di rumah dinas bupati tahun ini.

“Keberadaan Nabi adalah rahmat bagi seluruh alam. Karena ini adalah kebutuhan bagi kita, dimulai dari rumah tangga, cara mendidik anak, cara memimpin, tentu Sukirman tidak ada apa – apanya. Maka di manapun ada perayaan Maulid kami usahakan datang,” kata Sukirman.

Bupati juga mengungkapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah menyelenggarakan acara Maulid ini. Dia berharap kegiatan tersebut menjadi berkah dan amal ibadah bagi semua masyarakat.

Sukirman menekankan pentingnya menjaga persatuan, karena kendati berbeda – beda, semua orang adalah bersaudara.

“Kita bersaudara kita rangkai persaudaraan sesama kita. Islam itu indah, sahabat – sahabat kita adalah saudara kita, yang berbeda itu adalah lakum dinukum waliyadin, (┬ábagimu agamamu bagiku agamaku ). Mudahan kita selalu kompak, dicukupkan rizkinya dan diberikan banyak berkah,” ucapnya.

Sementara itu Ustadz Al Habib Muhammad Bagir Bin Yahya Al – Kaff, dalam tausiyahnya mengingatkan orang – orang yang memegang jabatan untuk berlaku amanah dan adil. Banyak orang yang berambisi menjadi pemimpin, padahal pertanggungjawabannya di hari kiamat sangat berat bila tidak berlaku amanah.

“Orang – orang terlalu memanfaatkan kekuasaan, padahal kekuasaan itu amanah dari Allah. Padahal kalau mereka tahu peringatan Allah kepada pejabat, banyak orang yang tidak mau jadi pejabat,” kata Habib Bagir.

“Kata Nabi, kalian akan berambisi dalam mendapat jabatan. Nabi menyebutkan itu karena ia sudah tahu apa yang akan terjadi. Ketauhilah jabatan itu akan menjadi kehinaan di hari kiamat,” lanjutnya.

Namun bagi pemimpin yang benar dan adil tidak perlu merasa takut, ada kabar baik untuk mereka. Ustadz Al Habib Muhammad Bagir mengutip Hadits Riwayat Thabrani, Bukhari, Muslim dan Imam Ishaq terkait kabar baik tersebut.

“Nabi Muhammad SAW pernah berpesan, “Sehari seorang pemimpin yang adil lebih utama daripada beribadah 60 tahun, dan satu hukum ditegakkan di bumi akan dijumpainya lebih bersih daripada hujan 40 hari,” kata Ustadz Al Habib. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *