Lewat Program Belacan Sat Polair, Anak Nelayan Pesisir Belajar Mengaji dan Mengenal Al – Qur’an

Muntok – Sat Polair Polres Bangka Barat mempunyai program religius untuk anak – anak nelayan di pesisir. Program tersebut yaitu Belajar Cerdas Anak Nelayan ( BELACAN ), yang bertujuan antara lain, Sat Polair ingin semakin dekat dengan masyarakat dan untuk meningkatkan keimanan anak – anak nelayan.

Kegiatan Program BELACAN ini merupakan kegiatan terobosan Sat Polair Polres Bangka Barat dengan memberi motivasi dan memberi tata cara belajar mengaji dengan Iqro an Al – Qur’an kepada anak – anak nelayan yang berada di kawasan pesisir Muntok dan anak – anak yang belajar di Pondok Belacan. Jumlah anak – anak yang bergabung sudah mencapai angka 40 orang.

” Melalui program itu, kami harapkan personel semakin dekat dengan masyarakat sekaligus membantu meningkatkan keimanan anak-anak pesisir agar tidak terjerumus dalam pergaulan negatif,” jelas Kasat Polair Polres Bangka Barat, IPTU Ferry Gunadi, Rabu ( 25/9/2019 ) di Muntok.

Ferry mengatakan, program maghrib mengaji cocok untuk memberikan bekal ilmu agama bagi anak-anak pesisir di daerah itu dengan melibatkan guru pengajar yang merupakan anggota Sat Polair Polres Bangka Barat, yaitu Briptu Hengki Maryono, S.H. dibantu Ustadzah Suryani dari Kampung Tanjung, Muntok.

” Pengajar dari anggota Sat Polair dan juga kami melibatkan ustadzah yang biasa mengajar di sekitar Kampung Tanjung Laut Muntok untuk bersama-sama mengajar anak-anak mengaji,” ujar Ferry.

Dengan pemahaman nilai agama yang semakin kuat, diharapkan generasi muda di daerah pesisir tersebut semakin kuat dan memiliki perilaku yang baik sehingga terhindar dari kesalahan pergaulan.

Menurut dia, pengajaran membaca dan menghafal Al – Qur’an kepada anak adalah hal yang pokok dalam agama Islam.

” Pemberian pelajaran mengaji Al – Qur’an tersebut dilakukan secara rutin di Pos Satpolair yang kebetulan lokasinya berada di tengah Kampung Tanjung Laut,” tambah dia.

Selain memberikan tambahan pemahaman nilai keagamaan, pola yang dilakukan bersama dengan warga setempat diharapkan akan menumbuhkan semangat belajar, gemar mengaji, membudayakan membaca dan terampil.

” Kami berharap pola ini mampu memberikan sikap kepedulian anggota Sat Polair kepada warga di sekitarnya sekaligus memunculkan karakter kepada anak-anak pesisir di sekitar Pos Polair Polres Bangka Barat ,” tutup Kasat Polair IPTU Ferry Gunadi. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: