Kultum Erzaldi, Lebih Baik Jadi Pedagang Daripada Pegawai

Pangkalpinang ( Radio Duta ) – Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman memberikan Kultum sebelum Sholat Isya’ dan Tarawih di Masjid Al-Muhajirin Jalan Balai Kota Pangkalpinang, Jumat (25/5/2018).

Dalam kultumnya, Erzaldi mengajak masyarakat Kota Pangkalpinang untuk menjadi seorang pedagang. Sebab menurut dia, salah satu cara untuk sukses adalah dengan menjadi pedagang daripada menjadi pegawai.

“Jika dibandingkan dengan penghasilan sebagai pegawai atau karyawan, yang penghasilannya setiap bulan tetap, maka menjadi pedagang akan lebih sukses. Kalau kita ingin maju, salah satunya kita harus menguasai perdagangan. Selama ini, kita cenderung menjadi pegawai negeri, pegawai swasta, polisi dan lain sebagainya,” ujar Gubernur.

Namun kata Erzaldi, kalau sudah sukses hendaknya jangan melupakan sesama. Apalagi harta yang didapat hanyalah titipan dan terdapat hak orang lain yang membutuhkan untuk ditunaikan berupa zakat.

“Jangan kita hanya berpikir penghasilan dan harta yang kita dapatkan merupakan hak kita seluruhnya. Penghasilan yang kita dapatkan terselip hak saudara kita yang lain. Makanya harta yang kita miliki harus kita sisihkan kepada orang lain berupa zakat, sedekah, dan infak,” jelas Gubernur.

Selain itu, Erzaldi mengajak masyarakat untuk mentauladani Nabi Muhammad SAW yang menjadi rahmat bagi alam semesta, karena Nabi Muhammad merupakan manusia pilihan, pemimpin tiada tanding, pekerja yang tiada lelah, bahkan pedagang sukses yang menghantarkan umatnya kepada zaman kejayaan, sosok manusia sederhana namun akhlak dan budi pekertinya, dan perilaku Agung yang diakui oleh Allah SWT.

“Sikap tauladan yang telah dilakukan Nabi Muhammad sebagai pedagang dimasanya merupakan bagian yang sangat terpuji, dan sebagai contoh bagi umat Islam, karena Nabi Muhammad tidak mementingkan diri sendiri. Nabi Muhammad merupakan seorang pedagang yang meraih harta bukan untuk dirinya, tetapi untuk para pengikutnya,” tukasnya.

Erzaldi menyempatkan diri meninjau seputaran area Masjid Al – Muhajirin yang sedang direnovasi seusai menunaikan sholat tarawih. ( Krm )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: