Ketua BWI Babar: Banyak Aset Wakaf Beralih ke Pihak Ketiga dengan Melawan Hukum

Muntok — Ketua Badan Wakaf Indonesia ( BWI ) Perwakilan Kabupaten Bangka Barat, Mukhlisin mengatakan, pihaknya berencana mendata aset wakaf di wilayah Bangka Barat.

Menurutnya, selama ini masih banyak aset – aset wakaf umat di Bangka Barat yang terlantar bahkan beralih ke pihak ketiga dengan melawan hukum.

” Oleh karena itu kita melakukan pendataan aset wakaf,” ujar Mukhlisin Senin ( 27/7/2020 ) di Kantor PC NU Bangka Barat, Muntok.

Dia menegaskan, pendataan aset wakaf tersebut memenuhi empat unsur sebagai pengurus badan zakat yaitu unsur Masyarakat, Kementerian Agama, Pemerintah Daerah serta Majelis Ulama Indonesia.

” Wakaf dalam hazanah Fiqih Islam itu mempunyai peran penting meskipun belum populer, karena mengandung kebaikan yang terus-menerus, kalau wakaf, meskipun orang yang sudah meninggal maka itu dapat kemanfaatannya,” cetus dia.

Mukhlisin berharap, wakaf dapat dihidupkan kembali atau dimasyarakatkan agar menjadi aset ibadah sekaligus untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat.

” Nanti di depan mau kita data, sehingga keberadaannya tidak ilegal dia punya surat yang nantinya akan dikeluarkan oleh badan wakaf,” tutup Mukhlisin. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: