Ini Fasilitas yang Dimiliki Perpusda Bangka Barat

Muntok — Gedung Perpustakaan Daerah Bangka Barat yang baru saja diresmikan Bupati H. Sukirman memiliki berbagai fasilitas, diantaranya perpustakaan umum dan anak.

Selain itu kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bangka Barat Farouk Yohansyah, gedung dua lantai ini memiliki ruang penyimpanan naskah kuno, ruang seni budaya dan workshop serta ruangan pendukung lainnya.

” Di sini ada beberapa ruang pendukung lainnya seperti room control dan toilet ada hampir 20 pintu kita di sini,” ujar Farouk di sela acara peresmian Gedung Perpusda, Selasa ( 15/11/2022 ).

Untuk sementara koleksi bukunya baru mencapai 26.000 dari 100.000 yang ditargetkan. Untuk menambahnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan berencana mengundang para penulis serta bertandang ke perguruan tinggi agar menghibahkan buku – bukunya kepada Perpusda.

Perpusda juga memiliki Ebook dan beberapa aplikasi lainnya. Dalam hal ini pihaknya akan menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika ( Diskominfo) Bangka Barat sebagai pendukung.

“Kita sudah punya Ebook dengan beberapa aplikasi nanti kita akan satukan semuanya. Jadi aplikasi itu sudah ada nanti didukung oleh Kominfo nanti. Mungkin satu bulan lagi kita didukung oleh Kominfo dalam Ebook-nya,” ujarnya.

Untuk mengisi kegiatan di Perpusda, pihaknya kata Farouk akan membuat program bertema literasi untuk kesejahteraan dengan buku sebagai produknya.

Contohnya, pihaknya akan menggelar workshop kuliner yang resepnya didapat dari buku sehingga bisa menghasilkan berbagai jenis makanan.

“Jadi kita literasi untuk kesejahteraan itu bagaimana buku bisa menjadi produk dan kita juga bantu untuk pemerintah desa one village one product,” imbuh dia.

Sementara itu pihaknya telah menyiapkan 30 orang terdiri dari PNS dan PHL yang akan bertugas mengelola Perpusda dari Senin hingga Sabtu, dari pukul 07.30 sampai 16.00 WIB.

Menurut Farouk tahun ini belum ada rekruitment untuk kebutuhan SDM di Perpusda. Namun tahun depan pihaknya sudah mengajukan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK ) untuk hal tersebut. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *