Dinkes Bangka Selatan Gencar Sosialisasi UHC

Bangka Selatan – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan terus berupaya menjamin kesehatan seluruh warganya. Melalui program Universal Health Coverage atau UHC, warga Bangka Selatan dapat terjamin biaya pengobatannya. Perlu diketahui, program ini sudah di lauching Bupati, Riza Herdavid pada Minggu (11/12/22) lalu.

Hingga saat ini sosialisasi UHC terus dilakukan kepada warga Kabupaten Bangka Selatan, salah satu OPD yang gencar melakukan sosialisasi UHC adalah Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bangka Selatan.

Pelaksanaan Tugas Kepala DKPPKB Kabupaten Bangka Selatan, dr. Agus Pranawa menyosialisasikan UHC langsung ke setiap Puskemas. Tidak hanya itu, pihaknya juga memanfaatkan Radio Junjung Besaoh.

Ia menyampaikan program UHC dibuat untuk membantu masyarakat Bangka Selatan mengakses kesehatan secara gratis.

“Namun tentunya tetap berpegang pada syarat dan ketentuan yang ditetapkan BPJS. Melalui sosialisasi ini, diharapkan dapat menjadi kepanjangan tangan dari pemerintah daerah untuk menyampaikan informasi kebijakan UHC secara mendetail bagi masyarakat Kabupaten Bangka Selatan,” ujarnya, Jumat (6/1/23).

Agus menyadari sebagai program yang baru dilaunching, UHC masih memerlukan pendekatan informasi dan adaptasi bertahap agar dapat dipahami masyarakat secara luas, salah satunya melalui upaya sosialisasi program UHC. Ia menegaskan UHC merupakan program yang dilakukan dengan tujuan yang baik, namun terdapat sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipedomani.

“Program UHC ini gratis karena pembiayaannya dari pemerintah daerah, tentu ada syarat dan ketentuannya, termasuk salah satunya update data NIK, masyarakat yang mendaftar UHC harus memastikan apakah NIK sudah ter-update atau belum, kalau belum tentu harus di-update terlebih dahulu,” jelasnya.

Ia berharap sosialisasi tersebut dapat memberikan penerangan atas pertanyaan masyarakat yang masih kebingungan dengan program UHC. Dia juga meminta awak media untuk terus mensosialisasikan program UHC, atau pembiayaan pengobatan gratis kepersertaan BPJS Kesehatan bagi masyarakat di Negeri Beribu Pesona.

“Manfaatkan program UHC ini, karena program ini dapat menjangkau seluruh masyarakat Kabupaten Bangka Selatan sehingga tidak perlu lagi merasa terbebani dengan biaya pengobatan dan perawatan ketika sedang sakit atau mendapatkan perawatan di rumah sakit,” pungkasnya. (Suf)

Link sumber:
https://mediaqu.co/
Cyber Media Network.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: