Coffee Morning Danlanal Babel, Perairan Babel Relatif Aman

Duta Radio – Danlanal Bangka Belitung, Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto mengadakan kunjungan kerja ke Kabupaten Bangka Barat. Dalam rangka hal tersebut, Pos TNI AL Muntok menggelar acara Coffee Morning bersama SKPD Bangka Barat, LANAL Babel, Unsur Maritim dan masyarakat nelayan di Pos TNI AL Muntok Jalan Kampung Tanjung Laut Muntok, Rabu ( 28/3/2018 ) pagi.

Maksud dan tujuan Coffee Morning menurut Danlanal Babel Kolonel Laut ( P ) Iwan Kuswanto, selain kunjungan kerja ke pos – pos TNI AL, bersilaturahmi dan sharing informasi dengan SKPD di Bangka Barat dan masyarakat nelayan serta bakti sosial donor darah.

” Tadi ada acara coffee morning, sharing informasi dari SKPD dan juga masyarakat nelayan dan unsur maritim, para nelayan disini apa kesulitannya disini. Kita ada bakti sosial juga disini ada donor darah juga,” ungkap Iwan Kuswanto kepada awak media usai Coffee Morning, Rabu ( 28/3/2018 ) di Pos AL Muntok.

Iwan menambahkan, apa yang disampaikan para nelayan dalam Coffee Morning mengenai permasalahan yang mereka hadapi akan ditampung dan dicarikan jalan keluarnya.

Terkait situasi dan kondisi keamanan di perairan Bangka Belitung, Danlanal mengatakan sejauh ini wilayah perairan Bangka Belitung masih relatif aman dari tindak kriminal laut maupun perompak.

Namun hal yang perlu diwaspadai menurut Iwan, keadaan cuaca yang kerap berubah dan cenderung extrim. Cuaca seperti itu menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan laut.

” Alhamdulillah, selama ini secara umum di perairan Bangka Belitung ini, perairan kita aman dari perompak dan kriminal di laut. Yang jadi permasalahan sekarang ini adalah cuaca yang lumayan extrim. Sekarang ini banyak sekali kecelakaan yang terjadi di perairan Bangka Belitung, terutama nelayan – nelayan tradisional, karena ombak, bocor, tenggelam,” ujar Iwan.

Meskipun demikian, angka kecelakaan laut dari bulan Januari hingga Maret 2018 menurut Iwan, relatif kecil.

” Kecelakaan laut dibawah lima, karena nelayan sudah bisa melihat keadaan cuaca sebelum melaut, jadi mereka kalau sampai saatnya mereka kembali ke darat untuk menghindari cuaca buruk yang ada,” tandasnya.

Iwan Kuswanto menghimbau kepada para nelayan di Bangka Barat agar memantau kondisi cuaca dari BMKG ( Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ) serta melengkapi diri dengan alat – alat keselamatan sebelum berangkat melaut.

” Himbauan kami kepada nelayan sebelum melaut, coba di cek kondisi cuaca dari BMKG, dan usahakan kalau melaut mencari ikan, usahakan gunakan alat keselamatan yang ada. Itu akan membantu dalam keadaan darurat,” himbau Iwan. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: