Cabup Cawabup Independen Pilkada Babar Harus Didukung 10% dari Jumlah DPT

Muntok – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) Kabupaten Bangka Barat tahun 2020 telah dimulai. Terkait hal itu, Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Bangka Barat menggelar
Sosialisasi Keputusan KPU Bangka Barat Nomor : 58/PL.02.02-Kpt/1905/KPU-Kab/X/2019 Tentang Persyaratan Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat 2020.

Acara ini diselenggarakan di Cafe Katiga Muntok pada Rabu ( 30/10/2019 ) pagi dan dihadiri Ketua KPU Bangka Barat, Pardi beserta jajarannya, Ketua Bawaslu Bangka Barat, Rio Febri Fahlevi, Kabag Ops Polres Bangka Barat, AKP Robertus Wardhana Utama, Kasi Intel Kejari Bangka Barat, Mario, Kepala Kesbangpol Bangka Barat, Yusuf Yudono, perwakilan partai politik dan awak media.

Divisi Teknis Penyelenggaraan Pilkada, Harpandi mengatakan, persyaratan calon perseorang atau independen harus didukung 10 persen dari jumlah penduduk Bangka Barat yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap ( DPT ) terakhir sebanyak 128.716.

” Jadi DPT ada 128.716, sepuluh persen dari itu yakni 12.716, inilah yang menjadi prasyarat bagi calon perorangan itu,” sebut Harpandi.

Selain itu kata dia, disamping fotocopy KTP Elektronik, dukungan tersebut harus dibuktikan dengan Surat Pernyataan dan ditandatangani oleh masyarakat yang mendukung.

Lebih lanjut Harpandi menuturkan, KPU menganggarkan lima pasangan calon untuk Pilkada Bangka Barat tahun 2020 mendatang.

” Kita dari calon independen ini yang kita buat ada tiga pasang, dari parpol dua pasang, jadi kita siapkan itu ada lima pasangan calon, ini nanti bisa saja tiga dari parpol dan dua dari independen ataupun sebaliknya,” ujarnya.

Namun kata dia, hingga saat ini belum ada tanda – tanda akan muncul calon independen yang akan mendaftarkan diri.

” Sekarang belum ada calon perorangan, yang konfirmasi ke kita via WhatsApp ada satu dua tapi kita belum tahu apa mau mencalonkan atau sekedar minta informasi,” sebut dia.

Sementara itu, Ketua KPU Bangka Barat, Pardi menyatakan, pihaknya akan mensupport calon independen dalam Pilkada Bangka Barat 2020.

” Harapan kami, mudah – mudahan ada, tiga kali Pemilu di Bangka Barat belum ada yang lewat independen, jadi kami mensupport luar biasa kalau ada peserta yang betul – betul ingin mencalonkan diri lewat jalur independen,” cetus Pardi. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: