Polres Babar Ajak Tanam 1.500 Pohon Mangrove di Kampung Iklim

Muntok — Kampung Iklim atau Bozem yang terletak di Kampung Teluk Rubiah, Kelurahan Tanjung, Muntok hari ini, Jum’at ( 21/2/2020 ) sore menjadi objek penghijauan. Polres Bangka Barat menggelar kegiatan penanaman pohon Mangrove di area destinasi wisata ini.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Polri peduli penghijauan dan penguatan ekonomi masyarakat pesisir.

Selain Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan dan seluruh jajaran, serta ibu – ibu Bhayangkari, turut hadir Kasdim, Camat Muntok Sukandi, Wadanpos Angkatan Laut, Peltu Laut P. Tampubolon, perwakilan PT. Timah, perwakilan Kejaksaan Negeri Bangka Barat, Sat Pol PP dan segenap pelajar secara serentak menanam bibit Mangrove di Pantai Kampung Iklim.

Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan mengatakan, gerakan menanam pohon ini dilaksanakan secara serentak dari Polda Kepulauan Bangka Belitung hingga seluruh jajaran. Jumlah pohon yang ditanam kali ini sebanyak 1.500 pohon.

” Ini serentak di Bangka Belitung mulai dari Pak Kapolda serta seluruh jajaran. Ini utamanya panitianya dari Polairud. Ini tadi diinformasikan ke kita 1.500 pohon yang kita tanam,” ungkap Kapolres usai acara di Bozem Muntok, Jum’at ( 21/2/2020 ) sore.

Adenan berharap ke depan, kegiatan penghijauan ini membawa dampak positif dalam menjaga keseimbangan alam.

Untuk perawatan, pihaknya kata Adenan akan berkoordinasi dengan pihak Kecamatan guna memantau perkembangan pohon Mangrove yang telah ditanam.

” Nanti setiap beberapa hari sekali nanti kita lihat kita pantau, ada yang miring – miring kita luruskan. Kalau penghijauan kalau Mangrove baru ini ya, kita yang Polair,” ujarnya.

Setelah ini kata Adenan, pihaknya berencana menjalin kerjasama dengan PT. Timah untuk menanam pohon Mangrove dengan jumlah yang lebih banyak lagi.

” Rencananya ke depan kita mau kerjasama PT. Timah nanti sekitar 2000 ( bibit ) disiapkan nanti kita lakukan penanaman kembali. Lokasinya nanti dicari yang mana yang cocok kita tanam yang sesuai supaya bisa pas dia. Yang jelas ada tim surveynya lah,” pungkas Kapolres.

Dikesempatan yang sama, Camat Muntok Sukandi mengapresiasi kegiatan yang dimotori Polres Bangka Barat ini.

” Peduli penghijauan pantai adalah sesuatu yang luar biasa. Kami dari pihak Kecamatan tentunya sangat mendukung program ini dan terima kasih. Ini seharusnya memang sinergi antara Polri, TNI dan masyarakat dalam rangka kegiatan penanaman pohon mangrove ini untuk penghijauan di pantai,” ucap Sukandi.

Sukandi menyatakan pihaknya siap memantau perkembangan dan perawatan pohon Mangrove di Bozem dengan mengerahkan pihak Kelurahan, Ketua RT dan masyarakat setempat.

” Bila perlu kami akan turun satu bulan sekali bersama Lurah dan Camat untuk ke lokasi ini, RT juga karena yang paling depan itu RT setempat dan dengan masyarakat terutama. Ini kan nambah satu lagi objek wisata kan, selama ini kan hanya kuliner , ini Mangrove juga menjadi tempat wisata,” tutup Sukandi. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: