Pemkab Bangka Barat Hibah Lahan untuk Kantor Cabdin IV Babel

BANGKA BARAT — Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menghibahkan lahan kepada Pemerintah Provinsi Bangka Belitung untuk keperluan pembangunan Kantor Cabang Dinas Wilayah IV, Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bupati Bangka Barat H. Sukirman beserta Forkopimda, anggota Komisi IV DPRD Provinsi Babel, Johansen Tumanggor dan A. Riyanto, Kepala Kantor Cabdin IV Dinas Pendidikan Babel Sudarni serta pihak terkait lainnya meninjau langsung lokasi lahan tersebut, Senin ( 27/2/2023 ) pagi.

Menurut Sukirman, lokasi lahan untuk rencana Kantor Cabdin IV terletak di area Kompleks Perkantoran Terpadu Pemkab Bangka Barat, tepatnya di samping Kantor DPRD.

“Maka sudah dapat kita titiknya di dekat kantor DPRD, di situlah titiknya. Tentunya Pemerintah Kabupaten Bangka Barat sangat mensupport dan Insya Allah akan dibangun dalam tahun ini,” jelas Sukirman di Resto Roemah Keboen, Muntok, usai meninjau lahan.

Pemkab Bangka Barat kata Bupati akan tetap membantu jika ada instansi lain yang membutuhkan lahan, selama lahannya ada dan belum dialokasikan untuk rencana lain.

“Kalau instansi lain kita akomodir selama tanahnya ada, dan mereka memang membutuhkan. Kecuali kita sudah alokasikan untuk kebutuhan lain itu kita tidak bisa. Tapi selama bisa tetap kita bantu untuk kemajuan bersama,” ucapnya.

Sementara itu Sekretaris Komisi IV DPRD Bangka Belitung Johansen Tumanggor mengatakan, pihaknya melakukan kunjungan kerja ke Bangka Barat guna melihat langsung lahan hibah tersebut.

“Dan lahan ini hibah dari Pemerintah Kabupaten Bangka Barat. Luasnya kalau nggak salah tadi 67 x 67 meter persegi untuk pembangunan Kantor Cabdin IV,” jelasnya kepada wartawan.

Menurut dia DPRD Babel telah
menyetujui anggaran pembangunan kantor cabdin senilai Rp3,2 miliar. Anggaran tersebut tidak termasuk pengadaan lahan.

“Jadi kami dari DPRD dan Pemprov tentu mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari Pemkab Bangka Barat untuk memberikan hibah lahan,” ucapnya.

Di lain pihak, Kepala Cabang Dinas Wilayah IV Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H. Sudarni mengatakan, selama ini pihaknya kerap berpindah – pindah karena belum memiliki kantor tetap, bahkan sekarang ini sudah pindah untuk kali ketiga.

“Selama ini kantornya masih sewa. Di tahun pertama kita sewa di Jalan Sudirman depan SMAN 1, pindah lagi ke Cikulur, dan sekarang pindah ketiga kalinya masih di Jalan Sudirman tapi geser yang sebelum lampu merah Pal 2,” katanya.

Dikatakannya, pembangunan kantor sudah lama direncanakan, tapi baru tahun ini dianggarkan. Selain itu karena Cabdin IV sebagai bagian dari Pemerintah Provinsi Babel, maka seluruh asetnya harus tercatat terlebih dahulu di aset provinsi.

“Jadi kita mencari lahan dan alhamdulillah dari Bapak Bupati Bangka Barat beserta jajaran itu support luar biasa sehingga begitu ketemu, diskusi langsung acc,” ujarnya.

“Sekarang proses itu sudah mendekati penerbitan NPHD ( Naskah Perjanjian Hibah Daerah ) untuk naskah perjanjian hibahnya. Insya Allah nanti setelah terbit NPHD dan berita acaranya kita bisa langsung tayang untuk proses tender,” sambung Sudarni. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: