PEMKAB BABAR GELAR LOKAKARYA PENGEMBANGAN KAWASAN PESISIR TANGGUH

MUNTOK-RADIO DUTA .Puluhan warga yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Pesisir ( KMP ) mengikuti Lokakarya Daerah tentang program pengembangan kawasan pesisir tangguh ( PKPT) tingkat Kabupaten Bangka Barat tahun 2016 di Rumah Kebun Muntok Selasa ( 29/11/16).

Bupati Babar dalam sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Ir.Zamrul Arifin mengatakan pada tahun 2016 ini merupakan tahun kedua pelaksanaan program pengembangan kawasan pesisir tangguh. Program ini telah  dilaksanakan dan dikuti oleh  tiga Desa yaitu Desa Belo Laut, Desa Bukit Terak dan Desa Air Menduyung. Pemilihan beberapa Desa sebagai pengembangan kawasan pesisir tangguh sesuai dengan beberapa kriteria yaitu Lokasi daerah pesisir yang rawan bencana dan perubahan iklim, daerah pesisir  yang  mempunyai potensi ekonomi lokal unggulan, masyarakat pesisir miskin maupun potensial aktif yang  memiliki motivasi untuk memperbaiki kehidupannya dan terjadinya degradasi lingkungan pesisir.

Dilanjutkan Zamrul tujuan program pengembangan kawasan pesisir tangguh yaitu untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana dan perubahan iklim di wilayah pesisir, meningkatkan kualitas lingkungan hidup dikawasan pesisir,mengembangkan kelembagaan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan secara partisipatif oleh masyarakat dengan melibatkan peran serta perempuan dan tujuan terakhir yaitu  memfasilitasi kegiatan pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana sosial ekonomi di kawasan pesisir.

” Melalui program PKPT ini, kami harapkan dapat menyusun perencanaan yang tepat didasari oleh karakteristik dan kearifan lokal yang ada, sehingga daerah pesisir yang selama ini identik dengan kawasan minim infrastruktur dan identik dengan  masyarakat miskin dapat segera di tuntaskan, “Pungkasnya.

Lokakarya Daerah Program PKPT Kabupaten Bangka Barat tahun 2016 menghadirkan narasumber dari Kementerian Kelautan dan  Perikanan RI ditjen Penataan Ruang Laut ( PLT)  Yusra S.Si Msi. Lokakarya ini juga diisi dengan pemaparan yang disampaikan dari Kepala DKP Kabupaten Bangka Barat Amir Hamzah. Selain itu juga berlangsung tanya jawab antara Narasumber dengan kelompok masyarakat pesisir yang dipandu Moderator Sekretaris DKP Babar Ahmad Yahya ( KS ).

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: