Pembukaan Jalan Pelabuhan Tanjung Ular Telah Dimulai, Libatkan 150 Personel

Muntok — Pembukaan akses jalan Desa Air Limau ke Pelabuhan Tanjung Ular telah dimulai. Dandim 0431 Bangka Barat, Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa membuka Pra TMMD ke – 110 tahun anggaran 2021 di kawasan kebun karet Desa Air Limau, Senin ( 15/2/2021 ) pagi.

Personel yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 150 orang, berasal dari Kodim 0431, Bintalrem 045 Garuda Jaya, Lanal Babel, Polres Bangka Barat, Denzibang, Penrem 045/Gaya, Hubrem/045/Gaya, Dinas PUPR, Zipur 2/SG dan lain – lain.

Dandim 0431/BB, Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa dalam sambutannya mengatakan, pembangunan wilayah pedesaan salah satu realisasi pembangunan nasional Indonesia seluruhnya baik dari pinggiran sampai ke daerah kota. Titik fokus pembangunan nasional adalah pada kestabilan dan kemajuan Indonesia secara menyeluruh.

” Di pedesaan harus dikembangkan, kekurangan yang ada harus di isi guna mencapai pemerataan pertumbuhan kemajuan desa secara berkelanjutan,” ujar Agung.

Salah satu peran nyata TNI dalam pembangunan tersebut adalah dengan TMMD yang diselenggarakan kurang lebih 34 hari dan tiga kali dalam setahun. Salah satu tujuannya untuk menggelorakan kembali semangat gotong – royong, wawasan kebangsaan serta ketahanan nasional guna menjaga keutuhan NKRI kepada masyarakat khususnya generasi nasional.

” Untuk itu pada TMMD kali ini kita akan membuka badan jalan sepanjang 13, 8 kilometer. Jalan ini akan menghubungkan Desa Air Limau menuju Tanjung Ular yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus atau kawasan industri,” imbuhnya.

Disamping itu kata Dandim, pihaknya bekerja sama dengan PT. Timah membantu renovasi rumah warga setempat yang tidak layak huni serta sarana olahraga.

Juga terdapat program non fisik seperti penyuluhan dan sosialisasi terkait narkoba, pertanian dan lain – lain kerja sama Satgas TMMD dengan instansi – instansi di Kabupaten Bangka Barat.

” Sasaran non fisik dalam TMMD kekebalan menghadapi isu – isu disintegrasi bangsa dan hal – hal yang mengarah kepada konflik sosial. Dalam hal itu Satgas TMMD akan bersinergi dengan dinas terkait,” tukas Agung.

Acara pembukaan TMMD diselingi pembagian sembako kepada warga Desa Air Limau. Turut hadir, Sekda Bangka Barat, Muhammad Soleh, Kapolres AKBP Fedriansah, Camat Muntok, Sukandi, Kepala Unmet, Wiyono, Calon Bupati Bangka Barat Terpilih, H. Sukirman, perwakilan Kejari, Dinas PUPR, Kepala Desa Air Limau serta segenap tamu undangan lainnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: