Jalan Santai Muntok White Pepper Dibanjiri Ribuan Peserta

Duta Radio – Ribuan warga Muntok tua dan muda semarakkan Lomba Jalan Santai Hari Muntok White Pepper yang di gelar Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat di Lapangan Gelora Muntok, Minggu ( 27/08/17 ) pagi.
Sejak pukul 05:40 wib peserta sudah berjubel di Lapangan Gelora. Tumpukan hadiah diatas panggung termasuk hadiah utama sepeda motor telah dipajang di atas panggung menggugah masyarakat untuk ikut ambil bagian menjadi peserta.
Bupati Bangka Barat melepas para peserta jalan santai dari Lapangan Gelora depan Kantor Satlantas Polres Bangka Barat pada pukul 06:00 wib. Tidak hanya melepas para peserta, Parhan Ali  bersama Wakil Bupati Markus, Sekda Yunan Helmi, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rozali, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Azmal AZ, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Ismantho, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Heru Warsito ikut berjalan santai membaur dengan para peserta lainnya.
Sebelum acara pembagian doorprize dilaksanakan, Bupati Bangka Barat beserta Sekda dan hadirin ikut menandatangani kain 10000 Tanda Tangan Mendukung Muntok White Pepper yang dipajang di panggung.
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Azmal Az mengatakan,  Hari Muntok White Pepper ditetapkan dengan Perda Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Hari Muntok White Pepper.
Acara Jalan Santai Memperingati Hari Muntok White Pepper menurut Azmal Az berkaitan dengan Perda tersebut, merupakan salah satu rangkaian acara yang telah dilaksanakan sejak  bulan Mei 2017 silam, yaitu Road To School yang bertujuan memperkenalkan lada kepada masyarakat, setelah itu Jalan Santai.  Selanjutnya, Temu Pelaku bersama Gubernur Bangka Belitung dan Bupati Bangka Barat yang dijadwalkan akan dilaksanakan  hari Senin tanggal 28  Agustus.
Azamal menambahkan, tujuan rangkaian acara Muntok White Pepper adalah untuk mengembalikan masa kejayaan lada putih Muntok sebagai komoditi unggulan pasca tambang.
“ Tujuan kita supaya kejayaan Muntok White Pepper betul – betul bisa kita kembalikan. Kalau dulu keluar dari Pelabuhan Muntok, kalau bisa kedepannya bisa export dari sini juga,” kata Azmal.
Untuk mengembalikan kejayaan Muntok White Pepper dikatakan Azmal, tidak dapat dilakukan secara instan. Hal tersebut menurut dia harus ada sinergi petani dengan pemerintah daerah untuk bersama – sama bekerja guna mewujudkannya.
“ Ini bersama – sama, bukan hanya petani saja, bersama  – sama kita petani, pemerintah, untuk mengembalikan kejayaan Muntok White Pepper itu lagi,” pungkasnya.
Lebih lanjut ia menambahkan,  acara Jalan Santai Muntok White Pepper telah sukses dilaksanakan meskipun tanpa anggaran dari Pemda Bangka Barat.  Dia berharap agar Pemerintah Daerah menyambut baik hal tersebut. Dia juga berharap, Kepala OPD ( Organisasi Perangkat Daerah ) tidak selalu terpaku dengan DIPA ( Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran ).
“ Yang pertama sekali ini disambut baik oleh Pemerintah Daerah. Apalagi acara jalan sehat ini dilaksanakan tanpa anggaran ini.  Harapan saya SKPD jangan terpaku dengan DIPA. Coba berinovasi pula, ya kan,” pungkas Azmal.
Keberuntungan pada moment pembagian hadiah berpihak kepada seorang gadis kecil, Okta Indriani dari Kampung Teluk Rubiah yang berhasil mendapatkan hadiah utama  satu unit sepeda motor. Hadiah tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Bangka Barat H. Parhan Ali. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: