Ini Daftar Belanja Covid – 19 Dinkes dan RSUD Sejiran Setason

Muntok — Dinas Kesehatan ( Dinkes ) dan RSUD Sejiran Setason Kabupaten Bangka Barat sebagai garda terdepan pencegahan dan penanganan Covid – 19 terus bergerak mempersiapkan diri menghadapi segala kemungkinan.

Juru Bicara Covid – 19 dan Sekretaris Dinkes Bangka Barat, dr. Hendra mengatakan, Dinkes Bangka Barat mendapatkan alokasi dana sebesar Rp. 8,192 milyar. Sedangkan untuk RSUD Sejiran Setason sebesar Rp. 4,9 milyar.

Dana tersebut sudah mulai dibelanjakan Dinkes Bangka Barat, mulai dari pembelian cairan disinfektan, hand sanitizer dan lain – lain.

” Kalau untuk Dinkes itu alokasinya ada untuk pembelian cairan disinfektan, sudah dipesan 10 ribu liter, hand sanitizer sudah datang 50 liter, total belanja 1.200 liter. Alat penyemprot 50 unit sudah datang 10 unit, kemudian ada alokasi anggaran untuk alkohol dan baby oil, ini antisipasi kalau tidak dapat hand sanitizer kita rencananya mau buat sendiri, ” jelas dr. Hendra saat Konferensi Pers Satuan Gugus Tugas Covid – 19 di OR II, Setda Bangka Barat, Jum’at ( 17/4/2020 ) sore.

Selain itu lanjut dia, pihaknya membeli rapid test 1000 unit, spanduk dan poster himbauan serta belanja untuk pasien ODP yang akan dikarantina di Gedung Diklat Pemkab Bangka Barat.

” Ada anggaran untuk makan minum pasien ODP yang akan dikarantina di Gedung Diklat termasuk untuk tenaga kesehatan yang membantu menjaga di Gedung Diklat,” katanya.

Ketua PMI Bangka Barat ini melanjutkan, Alat Pelindung Diri ( APD ) juga telah dipersiapkan. Dari total 1.750 baju APD yang dipesan, pihaknya telah menerima sebanyak 500 pieces.

Perlengkapan lain seperti sepatu boot, face mask, multivitamin, masker, sarung tangan, termasuk kantong mayat dan peti jenzah, juga telah dipesan.

” Kemudian juga ada belanja termometer itu sudah jalan 50 pieces termasuk yang tadi sudah digunakan,” ujarnya.

” Untuk RSUD, itu sudah ada belanja APD, masker N95, masker bedah, baju, sepatu boot, handscoen, virus transfer media, yang digunakan untuk membawa virus untuk pemeriksaan swab, ada safety box, antiseptik, kacamata pelindung, ada juga belanja makan minum untuk petugas Covid yang nanti akan merawat pasien PDP. Ada juga belanja mobile x-ray ini khusus untuk merontgen pasien yang Covid, termometer, honor tenaga medis dan lain – lain,” pungkasnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: