BI Babel Dorong Perekonomian dan Pengendalian Inflasi Iduladha

PANGKALPINANG — Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong perekonomian dan pengendalian inflasi di Bangka Belitung menjelang perayaan hari besar keagamaan dan nasional Iduladha.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BI Perwakilan Babel Rommy Sariu Tamawiwy dalam rapat pengembalian inflasi menjelang Iduladha di Kantor Gubernur Babel di Pangkalpinang, Selasa (11/6/2024).

Menurutnya, berbagai upaya mendorong permintaan domestik perlu terus dilakukan untuk menopang pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung serta menjaga inflasi agar berada pada sasaran inflasi nasional 2,5±1%.

“Dukungan fiskal dalam mendukung momentum pertumbuhan, termasuk menjaga daya beli masyarakat tetap dalam zona optimis melalui bansos, subsidi, dan insentif,” kata Rommy.

Rommy menambahkan, selanjutnya dukungan pengembangan UMKM dalam kampanye nasional GBBI dan GBWI, termasuk optimalisasi promosi event perdagangan untuk mendorong konsumsi masyarakat serta sinergi promosi investasi dengan mendorong iklim investasi.

“Diversifikasi ekspor komoditas unggulan Bangka Belitung. Mengoptimalkan kebijakan insentif likuiditas makroprudensial (KLM) dalam mendukung pembiayaan ke sektor yang memiliki dampak kuat terhadap pertumbuhan ekonomi, seperti hilirisasi minerba, hilirisasi pangan, perumahan, dan pariwisata,” ujarnya.

Selain itu, penguatan sistem pembayaran non tunai dalam mempercepat transaksi dan mendorong aktivitas ekonomi. Strategi untuk mendorong daya ungkit perekonomian yakni melalui 4K yaitu K1 Keterjangkauan Harga, K2 Ketersediaan Pasokan, K3 Kelancaran Distribusi, K4 Komunikasi Efektif.

Sementara, Pelaksana Harian Pj Gubernur Babel, Ferry Afrianto mengatakan, berbagai komoditi yang harus dikoordinasikan pada momen ini di antaranya beras dan angkutan udara.

“Dampak ekonomi sekarang terasa di Pemprov dan kabupaten kota terasa target pendapatan daerah kita, ada tekanan dan kita optimis,” kata Ferry.

Ia berharap, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat menjelang Iduladha ini dapat tersedia atau cukup.

“Apa yang menjadi kebutuhan masyarakat terutama menjelang Iduladha dapat kita berikan kecukupan untuk pelaksanaan itu,” tutupnya. ( Dika )


Link sumber: kabarbangka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *