Aplikasi SIMAYA Diharapkan Tingkatkan Akurasi Data

Radio Duta – Suka atau tidak, kemajuan teknologi sudah menjadi kebutuhan dalam membantu mempermudah kerja manusia. Begitu pula dalam penyelenggaraan pemerintahan. Efisiensi kerja menggunakan kecanggihan teknologi dapat dicapai dengan maksimal.

Hampir seluruh instansi pemerintah telah menerapkan ke berbagai sistem untuk menciptakan pelayanan prima.
Demikian pula dengan Kabupaten Bangka Barat. Melalui Dinas Komunikasi dan Infomatika, Kabupaten Bangka Barat melaksanakan Sosialisasi Forum Data serta Penerapan Sistem Administrasi Perkantoran Berbasis Maya (SIMAYA) di ruang rapat OR II Setda Bangka Barat, Kamis ( 19/4/2018 ).

Sosialisasi tersebut merupakan upaya menuju administrasi perkantoran yang modern, dinamis dan berkelanjutan di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bangka Barat.

Bupati Bangka Barat H Parhan Ali saat membuka sosialisasi mengatakan pentingnya peran data untuk mengambil kebijakan. Data yang disampaikan harus akurat. Untuk itulah Forum Data Bangka Barat diperlukan untuk mengantisipasi kekeliruan penyampaian data.

“Data memiliki peran penting untuk mengambil sebuah kebijakan. Untuk mengantisipasi kekeliruan, maka data yang disampaikan itu harus akurat, lengkap dan dapat di pertanggungjawabkan. Mudah mudahan dengan terbentuknya Forum Data di Bangka Barat, data yang disampaikan adalah data yang credible,” ujar Parhan, Kamis ( 19/4 ) di OR II Setda Bangka Barat.

Administrasi perkantoran kini memasuki era E – Government. Pelaksanaan era baru ini sangat modern dan terintegrasi dengan seluruh satuan kerja di Lingkungan Pemkab Bangka Barat. Pelaksanaan administrasi secara konvensional pun telah ditinggalkan.

Aplikasi SIMAYA bermanfaat antara lain, dapat mempercepat proses distribusi surat menyurat kedinasan atau administrasi perkantoran, meningkatkan koordinasi antar instansi, meningkatan efisiensi waktu dan efektifas administrasi perkantoran serta dapat diakses sewaktu waktu tanpa hambatan jarak serta waktu dikarenakan aplikasi SIMAYA dapat diakses melalui handphone yang terkoneksi dengan internet.

Untuk hal itulah, Parhan Ali menaruh harapan besar terhadap Forum Data Bangka Barat.

” Ini diharapkan data yang disampaikan oleh OPD adalah data yang akurat, lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan, dan harus mempunyai standar serta credible, sehingga dalam pengambilan sebuah keputusan maupun kebijakan tidak keliru,” tandas Parhan.

Sosialisasi juga dihadiri pula beberapa pejabat lain seperti Kepala BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai narasumber, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Camat se – Bangka Barat. Sedangkan yang menjadi perserta dari kegiatan sosialisasi yakni operator administasi data dan SIMAYA setiap OPD di lingkungan Pemkab Bangka Barat. ( SK ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: