Amanat Kapolri, Satpam Menjadi Mitra Polri Amankan Pemilu 2019

Muntok ( Radio Duta ) – Polres Bangka Barat melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan ( Satpam ) ke – 38 di Lapangan Apel Mapolres Bangka Barat, Muntok, ( 3/1/2019 ) pagi.

Dalam upacara ini, Hendra dan Raja Riko, keduanya Satpam PT. Timah ditunjuk sebagai Perwira Upacara. Sedangkan Kapolres Bangka Barat, AKBP Firman Andreanto bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto saat membacakan amanat Kapolri mengatakan, dalam lingkup nasional, bangsa Indonesia tengah menyambut agenda Pemilu tahun 2019, sebagai wujud dari pesta demokrasi. Jika ditinjau dari perspektif keamanan, agenda tersebut memiliki karakteristik potensi kerawanan yang khas, karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan digelar secara serentak pada tanggal 17 April 2019.

” Kondisi tersebut memunculkan beberapa potensi kerawanan yang
harus diantisipasi, baik dalam tahap kampanye, pemungutan, penghitungan, maupun rekapitulasi suara, diantaranya, potensi pemanfaatan isu SARA dan politik identitas, serta penyebaran hoax dan hatespeech yang berpotensi terhadap timbulnya konflik sosial,” ucap Kapolres.

Dalam menghadapi kompleksitas tantangan tersebut, lanjut Kapolres, Polri memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat, termasuk Satuan Pengamanan sebagai profesi yang luhur dalam mengemban tugas dan fungsi kepolisian secara terbatas pada lingkungan kerjanya.

” Sehubungan dengan konteks tersebut, peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan tahun 2018 ini mengangkat tema ” Pemulihan Profesi Satpam Indonesia Guna Mendukung POLRI Dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2019,”. Kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, dituntut semakin profesional,” ucap AKBP Firman Andreanto.

Dia menambahkan, dalam implementasinya, personel Satuan Pengamanan harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan
dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak Kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi.

” Dengan demikian, eksistensi Satpam dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan tugasnya masing-masing,” sebutnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: