SELEKSI CALON SEKDA BABAR, MASUKI TAHAP TES WAWANCARA

MUNTOK-RADIO DUTA.  Setelah lolos seleksi pembuatan makalah dan assesment di Polda Bangka Belitung, lima peserta calon Sekda Babar kini menuju  ke tahapan tes wawancara. Tes wawancara berlangsung di pasanggrahan Giri Sasana Menumbing, Muntok Kabupaten Bangka Barat, Selasa (29/11/2016)

Lima peserta  tersebut  diantarnya, Kadis Kominfo Provinsi Babel Ir Noviar Ishak, Kadis DPPKAD Pangkalpinang Drs Yunan Helmi Msi, Kepala BLHD Babar H. M Effendi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Babar Drs Ridwan Msi dan Inspektur Babar Drg Achmad Syaifuddin.

Kepala Badan Kepegawaian Pedidikan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bangka Barat Ismantho mengatakan, setelah final seleksi calon Sekda Kabupaten Bangka Barat jatuh pada 5 Desember 2015 mendatang. Pada kesempatan itu, Panitia Seleksi (Pansel) menggelar sidang dan rapat penentuan hasil seleksi.

Pansel akan mengumumkan tiga nama yang dinyatakan lolos ke tiga besar. Tiga nama tersebut kemudian diajukan  kepada Bupati Bangka Barat H Parhan Ali untuk ditetapkan sebagai Sekda Babar terpilih.

” Setelah tes wawancara, Finalnya tanggal 5 Desember mendatang. Nanti pada hari itu, pansel akan mengumumkan nama-nama peserta yang masuk tiga besar. Tiga nama itu selanjutnya diserahkan kepada Bupati,” ujar Ismanto.

Peserta seleksi calon Sekda menjalani sesi wawancara kurang lebih satu jam. Mereka menjawab beragam pertanyaan yang dilontarkan lima Panitia Seleksi (Pansel) yang diketuai Sahirman Jumli, Sekretaris rektor M. Yusuf dan anggota Fadilah Sabri, Aimi dan Agus Hartoko.

Drg Achmad Syaifuddin satu dari lima peserta seleksi  menyebut beragam pertanyaan dilontarkan pansel, mulai dari birokrasi hingga ide kemajuan daerah.

” Tadi tes wawancaranya kurang lebih hampir satu jam. Kalau pertanyaannya macam-macam mulai dari kedinasan, sampai langkah dan ide membangun daerah,” ujar Achmad.

Ditempat lain, keakraban ditujukan ke empat peserta seleksi calon sekda Babar.  Meski sempat terlihat rasa tegang usai mengikuti seleksi wawancara, namun Noviar, M Effendi, Yunan Helmi dan Achmad Syaifuddin terlihat kompak. Sementara satu peserta lain Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Babar Drs Ridwan Msi tengah menjalani tes wawancara.

Tampak sesekali canda tawa mewarnai guyonan dan kelakar ke empat kandidat. Selain seputar pekerjaan dinas, dalam bincang-bincang tersebut, ke empatnya bercerita pengalaman usai mengikuti tes wawancara oleh Panitia Seleksi (Pansel). Bahkan keempatnya, kompak menijau beragam potensi-potensi yang ada dikawasan Menumbing.

” Kemungkinan bukan saya saja yang diberikan pertanyaan sulit seperti ini. Mungkin kawan-kawan lain juga,” cetus  Ridwan usai tes wawancara dan langsung bergabung dengan peserta seleksi lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Parhan dan Markus  sempat menyaksikan langsung prosesi tahapan tes wawancara. Bahkan keduanya menyempatkan diri makan siang bersama peserta dan pansel calon Sekda Babar.

Kedatangan Bupati dan Wakil Bupati bertepatan pada jam istirahat seleksi. Pada kesempatan itu, keduanya sempat berbincang sesaat dengan peserta dan Panitia Seleksi (pansel)

” Hari ini saya dan pak Bupati menyempatkan diri menyaksikan langsung prosesi seleksi calon Sekda,” ungkap Markus. ( KS ).

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: