Nuzulul Qur’an Di Rumah Dinas Bupati, Parhan Ajak Wujudkan Persatuan Dengan Acuan Dasar Al Qur’an

Duta Radio – Al Qur’an merupakan Kalamul Illahi dan menjadi rujukan pertama dan utama dalam ajaran Agama Islam, dan hakikat yang diturunkannya Al Qur’an adalah sebagai acuan moral secara universal bagi umat manusia untuk memecahkan problematika sosial yang timbul di tengah – tengah masyarakat.
Hal itu  disampaikan oleh Bupati Bangka Barat H. Parhan Ali  dalam sambutannya pada acara Nuzulul Qur’an 1438 Hijriah di Rumah Dinas Bupati Bangka Barat, Minggu ( 11/06/17 ) sore.
“ Dibalik keindahan kata dan struktur kalimat, secara kategoris dan tematik, Al Qur’an dihadirkan untuk menjadi solusi berbagai persoalan actual yang dihadapi manusia sesuai dengan konteks dan dinamika sejarah peradaban umat manusia sepanjang zaman,” kata Parhan.
Menurutnya, bila nilai – nilai yang terkandung dalam Al Qur’an diaktualisasikan dan diimplementasikan dalam kehidupan akan membawa kedamaian, kesejahteraan jauh dari kekerasan dan kezaliman.
“ Sejatinya kita mampu mengaktualisasikan nilai – nilai Al Qur’an dalam kehidupan kita sehari – hari, sehingga budaya toleransi, keadilan, kedamaian dan kesejahteraan, jauh dari kezdholiman , apalagi kekerasan karena Islam itu sendiri diambil dari kata “salam” yang berarti damai dan sejahtera,” tambahnya.
Parhan menegaskan, tidak ada solusi bagi segala problematika kecuali kembali kepada ajaran Islam yang murni dan utuh dengan Al Quran dan Hadits sebagai rujukan karena ajaran Islam sangat universal dan relevan kapan dan dimanapun yang mengatur segala lini kehidupan manusia dengan selalu memberikan solusi terbaik.
Ia berharap, Nuzulul Qur’an dapat menjadi momentum terajutnya persatuan dan kesatuan dalam kebhinnekaan dan kemajemukan.
“ Saya mengharapkan, semoga peringatan Nuzulul Qur’an ini mampu menjadi pijakan dasar bagi terajutnya persatuan dan kesatuan dalam kebhinnekaan serta kemajemukan yang telah menjadi ketentuan Allah dengan Al Qur’an sebagai acuan dasar dan identitas kita khususnya umat Islam,” ujar Parhan.
Dalam acara ini tausiyah diisi oleh Ustad H. Rizal S. Ag dari Kecamatan Belinyu.
Peringatan Nuzulul Qur’an juga dihadiri Sekretaris Daerah Yunan Helmi, Kapolres Bangka Barat AKBP Hendro Kusmayadi, Anggota DPRD Dafitri, Danramil Mayor Sahudi, Ketua Dewan Masjid Bangka Barat H. Turiman, Ketua BKPRMI  Rahmad Dalu, Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Annisa Parhan, Staff Ahli Bupati, Asistent Sekda, Camat Muntok, Kepala OPD Lingkungan Pemkab Bangka Barat. ( SK )

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: